Fenomena Harry Potter

Juli 23, 2007 at 5:11 pm 46 komentar

harrypotter1.gif

Harry Potter. Sebuah nama yang saat ini benar – benar menyihir dunia. Dan mungkin tulisan ini sudah terhitung ketinggalan apalagi jika di hitung dari awal beredarnya buku Harry Potter . Terus terang, aku salah satu penggemar buku karya J.K.Rowling ini, mungkin karena nilai imajinasi dan fantasinya yang sangat tinggi, dan ditambah lagi unsur filosofi yang menurut aku ada dalam setiap seri buku Harry Potter. Yah, meskipun sebelumnya sebagai seorang pembaca setia Harry Potter, aku tidak pernah begitu berniat untuk mencoba mengulas tentang Harry Potter ini karena aku merasa bahwa informasi tentang Harry Potter ini bahkan sampai detail-detailnya pun sangat mubazir di dunia maya.

jkrowling.gif

Tetapi, sejak aku membaca berita bahwa ada seorang gadis remaja di Filipina yang meninggal dunia hanya karena mendapatkan ebook Harry Potter palsu, aku tergelitik untuk mencoba menilai dari sudut pandanga penilaianku sendiri. Apakah benar seperti kata orang bahwa J.K.Rowling – pengarang Harry Potter itu adalah seorang penyihir?

Dan memang benar bahwa dia berusaha untuk menyihir orang dengan buku – buku Harry Potter-nya (seperti pendapat salah seorang temanku)? Atau mungkin memang hanya kita saja, para pembaca, yang tidak bisa membedakan antara dunia nyata dengan dunia khayal dalam buku tersebut?

Otakku yang kecil, baik yang kiri dan yang kanan, mulai mengira-ngira dan menimbang-nimbang, mencoba mencari penjelasan logis dari pendapat – pendapat yang pro dan kontra tentang Harry Potter, dengan fakta-fakta yang terjadi, antara lain:

  1. Korban yang terjepit di antara antrian pada saat Premiere (pemutaran perdana) film Harry Potter
  2. Semakin banyaknya orang yang percaya bahwa dunia sihir itu memang benar adanya
  3. Kasus bunuh diri yang disebabkan banyak hal yang berhubungan dengan Harry Potter
  4. Dan lain sebagainya🙂

harrypotter2.gifDan sampai sekarang aku tidak menemukan jawaban apapun sebagai korelasi antara fakta-fakta negatif yang terjadi sebagai akibat dari buku Harry Potter. Apalagi, kita tidak bisa men-justifikasi, bahwa kesemua peristiwa-peristiwa tersebut diatas merupakan benang merah yang disebabkan oleh terbitnya buku Harry Potter. Tetapi, aku yakin bahwa bagi sebagian orang, terutama yang memang tidak dan tidak pernah menyukai buku-buku ini, semua ini disebabkan oleh ilegalitas cerita yang ditawarkan oleh cerita Harry Potter ini. Atau, kalau sedikit berandai – andai, mungkin ini adalah bagian dari kutukan Avada Kedavra yang dilancarkan oleh para penyihir pimpinan Lord Voldermort (“Kau Tahu Siapa”) di dunia Muggle?

Dalam pandanganku, semuanya itu kembali kepada kita para pembaca, karena apapun itu, baik buku yang bernuansa mistis, bernuansa religius, maupun yang menganut paham fantasi, tergantung bagaimana kita mencernanya. Dan lagi-lagi semua pro dan kontra, serta cerita – cerita buruk yang mengikuti meledaknya setiap seri buku Harry Potter, selalu dibarengi dengan semakin membludaknya penggemar cerita ini. Jadi bagaimana menurut anda?

Mungkin lebih baik kita menunggu edisi ke 7 dari buku Harry Potter yang berjudul “Harry Potter and the Deathly Hallows” yang menurut pengarangnya merupakan buku terakhir dari Harry Potter, dan bisa dikatakan sebagai buku yang sangat dinanti oleh para penggemar, disebabkan oleh begitu banyaknya jawaban yang muncul sejak buku pertama sampai dengan buku yang keenam akan terkuak pada edisit ke 7 ini. Dan mungkin juga, semua rahasia yang menjadi tanda tanya banyak orang sehubungan dengan fenomena Harry Potter ini akan terjawab. Siapa yang tahu?


Technorati TAGS: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Entry filed under: Personal. Tags: .

Komponen Satellite Phone INMARSAT Mini-M TT-3060 Puisi Karyawan Stress

46 Komentar Add your own

  • 1. RYANDY  |  September 18, 2007 pukul 9:59 am

    Kisah harry potter memang menyihir dunia,dari ide kehidupan sekolah yang digabung dengan dunia sihir dan mitos kegelapan

    Balas
  • 2. tianzega  |  September 18, 2007 pukul 10:31 am

    @RYANDI
    Yupe, dan ini ada unsur baiknya dan juga buruknya
    tapi kebanyakan pembaca lebih mengutamakan unsur aksi magis-nya :mrgreen:

    Balas
  • 3. arthie  |  September 24, 2007 pukul 11:43 am

    Harry Potter sebuah nama yang sederhana namun mengguncang dunia. JK. Rowling memang bener2 brilian. Hampir semua manusia di jagad ini tersihir oleh seorang Harry Potter…
    Namun sebuah cerita tetaplah sebuah cerita. Tetep ada sisi positif dan negatif nya… so.. be careful…

    Balas
  • 4. sania  |  September 26, 2007 pukul 9:09 am

    JK ROWLING sangat hebat dalam segi imajinasi nya dalam buku harry potter ke-5 ini.seakan kita berada ditempat dimana harry berada.ku baru merasakan berada di asalku bila ku menutup buku ini.
    good luck to JK rowling.
    I love u

    Balas
  • 5. sari  |  September 26, 2007 pukul 1:01 pm

    bwat J.K Rowling sekali-kali datang donk ke Indonesia………sekalian bagi-bagiin buku harry potter yang ke 7 atau sekali-kali kasih diskon donk bwat pencinta harry potter indonesia….soalnya aku sama bangd sama buku bwatan J.K Rowling…… truz buku harry potter yang ke-7 versi Indonesianya kapan keluar aku dah gak sabar nich pengentwu ceritanya kira-kira harry potter yang mati atau Voldemaord yang mati???????? tpi mda-mudahan aja yang mati Voldemord soalnya aku gak kepengen klo harry yang mati……OoYa ngomong-ngomong dapet inspirasi tentang cerita harry potter dari mana sich?????????????????kasih tau rahasianya bwat kita pencinta harry potter………..dan satu hal lagi kapan-kapan ajak harry potter inthe genk dteng ke Indonesia ita tunggu loh kedatangannya………

    “WeLcOmE To Indonesian”

    Balas
  • 6. sari  |  September 26, 2007 pukul 1:03 pm

    bwat J.K Rowling sekali-kali datang donk ke Indonesia………sekalian bagi-bagiin buku harry potter yang ke 7 atau sekali-kali kasih diskon donk bwat pencinta harry potter indonesia….soalnya aku suka bangd sama buku bwatan J.K Rowling…… truz buku harry potter yang ke-7 versi Indonesianya kapan keluar aku dah gak sabar nich pengen twu ceritanya kira-kira harry potter yang mati atau Voldemaord yang mati???????? tpi mda-mudahan aja yang mati Voldemord soalnya aku gak kepengen klo harry yang mati……OoYa ngomong-ngomong dapet inspirasi tentang cerita harry potter dari mana sich?????????????????kasih tau rahasianya bwat kita pencinta harry potter………..dan satu hal lagi kapan-kapan ajak harry potter inthe genk dteng ke Indonesia ita tunggu loh kedatangannya………

    “WeLcOmE To Indonesian”

    Balas
  • 7. tianzega  |  September 28, 2007 pukul 11:39 am

    wah comment-nya panjang-panjang neh, aku balesin deh satu-satu ya🙂

    @arthie

    Namun sebuah cerita tetaplah sebuah cerita. Tetep ada sisi positif dan negatif nya… so.. be careful…
    Edit Comment

    setuju🙂

    @sania

    JK ROWLING sangat hebat dalam segi imajinasi nya dalam buku harry potter ke-5 ini.seakan kita berada ditempat dimana harry berada.ku baru merasakan berada di asalku bila ku menutup buku ini.
    good luck to JK rowling.
    I love u

    emang bener sih dan itulah yang terus terang bikin aku bertanya-tanya tentang kehebatan buku ini, tapi ya yang penting jangan sampai kita terpengaruh secara psikologis dan mempercayai setiap apa yang dikatakan oleh buku, karena kita harus mencernanya dengan akal terlebih dahulu apakah itu benar atau salah🙂

    Balas
  • 8. tianzega  |  September 28, 2007 pukul 11:43 am

    nah ini dia nih komentar terpanjang😆

    @sania

    bwat J.K Rowling sekali-kali datang donk ke Indonesia………

    sepertinya ini harapan semua pencinta buku Harry Potter😉

    sekalian bagi-bagiin buku harry potter yang ke 7 atau sekali-kali kasih diskon donk bwat pencinta harry potter indonesia….soalnya aku suka bangd sama buku bwatan J.K Rowling……

    hahaha, kalau bagi-bagi gratis gimana dong untungnya?:mrgreen:

    truz buku harry potter yang ke-7 versi Indonesianya kapan keluar aku dah gak sabar nich pengen twu ceritanya kira-kira harry potter yang mati atau Voldemaord yang mati???????? tpi mda-mudahan aja yang mati Voldemord soalnya aku gak kepengen klo harry yang mati……

    informasi terakhir dari gramedia sepertinya masih dalam tahap penerjemahan, yang versi inggrisnya sih udah kan

    OoYa ngomong-ngomong dapet inspirasi tentang cerita harry potter dari mana sich?????????????????kasih tau rahasianya bwat kita pencinta harry potter………..

    nah itu juga salah satu pertanyaan besar. emang sih banyak informasi simpang siur tentang ini, tetapi sekali lagi ini hanya dia sendiri yang tahu kebenarannya

    dan satu hal lagi kapan-kapan ajak harry potter inthe genk dteng ke Indonesia ita tunggu loh kedatangannya………

    setuju…siap jadi salah satu pendukung😆

    Balas
  • 9. imam  |  Oktober 4, 2007 pukul 4:06 pm

    aku sih setuju aja
    soalnya aku ngefans banget ma harry potter
    cuma saya teringat dengan kata-kata J.K ROWLING
    dia bilang bahwa “kalau kamu mau tahu keganjilan apa yang terjadi pada harry potter serial satu sampai tenam kamu dapat melihat di harry potter serial ketujuh?”
    apa itu benar……..?

    Balas
  • 10. Annie Rahmatillah  |  Oktober 25, 2007 pukul 10:35 am

    sblumnya nich,,q adlh seseorang yg cinta bgt ma Harry Potter.. q suka para pemerannya,, q suka para kru filmnya,, pa lagi ama daniel radcliffe… sampe2 q pengen bgt ketemu ma orang itu… setiap da poster harry potter,, q beli.. dari jaman q sd sampe sekarang… malah q kepikiran pengen bgt nikah ma yg namanya Daniel itu… q sampe dibilangin orang gila ma ortu q gara2 suka nyebut nama daniel/ harry potter di setiap waktu q…
    dari cerita harpot sich asyik.. J.K nyoba ngajak qt ke dunia maya.. pdhl semua itu nggak da. tp kita ambil + ja. oia,, kalo mang kamu2 beragama Islam.. jangan coba2 buat percaya ma yg namanya sihir. coz itu syirik.. yaudah,, q cma beri saran aja… sukses buat harry potternya.. Salam buat Daniel

    Balas
  • 11. fadli  |  Oktober 25, 2007 pukul 3:18 pm

    buat J.k.rOWLING dan keluarga HARRY POTTER datng ke Indonesia dong ngadain jumpa fanz karena aku ngefans banget sih am mereka2!!!!!!!kalo bisa ceritanya jangan habis yaahh

    Balas
  • 12. Vietrhe  |  November 1, 2007 pukul 3:15 pm

    Gw seH N9Aminin az smwa C0ment yg bgs Ttg Harry PotteR…
    Yg pntg Qt msh bs nikmatin Wjah CaeM’a Daniel dkk d 2 Film Lg,,
    Cz w jg Dah Tw x kl Tu Cm Khayaln bkti’a Klakuan Daniel jauh bgT dr KarakteR Harry PotteR,
    Tp Blh jg Klo Dan m0 k Ind0nesia

    Balas
  • 13. folder mut  |  November 3, 2007 pukul 8:10 pm

    harry potter tele

    Balas
  • 14. folder mut  |  November 3, 2007 pukul 8:12 pm

    harry potter itu tele ayam paling bau

    Balas
  • 15. ??  |  November 24, 2007 pukul 2:19 am

    apa bnr telah ditemukan kuburan harry poter di salah satu kota di inggris???
    dan penjaga kuburan itu nama belangnya rowling juga??

    Balas
  • 16. zavier..  |  Desember 5, 2007 pukul 1:45 pm

    ihh…harry potter~e ok…tapi koq cuma 7 seriii!!!!menyesal..hikz…yg ke4 terlalu sederhana…kurang BELIBET….kurang seru!!!!bwt mbak rowling,ditambahin lagi dunkz serinya…ok????aq paling suka yang kedua…lucu…

    Balas
  • 17. siska alidayati  |  Desember 5, 2007 pukul 6:26 pm

    hiiiiiiiiiiiiiii………….smuA pEciNtA harrY potteR…..
    Q ne jg peCintanya lo…………………

    Q mw Tanya NE kapan Buku versi indonesia nYa HarrYpoTer di keluarin????
    truZ kapAn nE ada diskon Bwt nonoton haRry poTTer…

    Balas
  • 18. hestya  |  Desember 6, 2007 pukul 10:38 am

    saya suka suka dan suka banget dengan segala hal tentang harry potter… terkadang saya berpikir bahwa dunia sihir itu memang ada. memang kutukan imperio yang handal…

    hidup harry potter!

    Balas
  • 19. oemar potter  |  Desember 10, 2007 pukul 1:05 pm

    buat aq harry poter keren bagt coz, aq sampe fanatikmalah da 3 hari ini aq ngimpi ttg harry potter, gw percaya klo haary itu ada

    Balas
  • 20. susan  |  Desember 15, 2007 pukul 11:19 am

    mga2 j buku HARPOT sukses besar

    Balas
  • 21. liel  |  Desember 19, 2007 pukul 10:36 am

    Uda… gak….. sabar….
    tungguin… Harry potter 7……

    Balas
  • 22. ryt3a  |  Desember 28, 2007 pukul 3:57 pm

    cemua tergantung yg berfikir.bot Q picik bgt orang2 yg befikir jk rowling tuh penyihir.Q juga setuju cerita hanya cerita jan campurin ma kenyataan

    Balas
  • 23. dieya  |  Januari 3, 2008 pukul 7:34 pm

    Memang banyak oRang yg MengiRa bahwa dunia sihir itu aDa.
    Tapi coba qt pikir dg. logika, apakah munkin di dunia ini ada sihir.
    Didalam buku ke 7 ” saya yakin bahwa yg mati adlh. Lord Voldemort”
    karena mulai dr buku ke 1-6 bercerita bahwa di situ Harry potter sdh menghancurkan 6 Horcrux Voldemort berarti tinggal 1 horcrux lg
    dan Horcrux iTu adlh. HarrY pOtter

    Balas
  • 24. hermione  |  Januari 14, 2008 pukul 3:23 pm

    buku harry poter itu keren abis semua orang yg baca buku harry potter seperti tersihir

    Balas
  • 25. agienz  |  Januari 16, 2008 pukul 12:06 pm

    Ga ad yg Bs NgeJutin,MenggemPArkan Dunia Selain
    Harry Poter\Jk.RowLing

    Balas
  • 26. mawaddah  |  Januari 24, 2008 pukul 3:16 pm

    pengen foto harry yang masih sendiri (belum punya pacar)

    Balas
  • 27. d a a  |  Februari 1, 2008 pukul 11:51 am

    huuaaaaaaaaa …
    akuu sukka banggedd HARRY POTTER .
    pko’a T.O.P dee …

    Balas
  • 28. fieeeeza!!!!!!!!!!  |  Februari 3, 2008 pukul 9:46 am

    SUMPAH, JK. ROWLING TU KEREN ABIZZZZZZZZ

    dy bsa nyiptain cerita yg keren abis, SAMPE2 sluruh dunia tau!!!!!!!!! singkatnya, I LIKE HARRY POTTER!!!!
    coba deh pikir cuma karna dy nyiptain buku, film, delelnya HARRY POTTER, dy bsa lbh kya dripda ratu apa……… gitu di Inggris!!!!!!!!!!
    AKU SUKA BANGEDDDDDDDD HARRY POTTER!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Balas
  • 29. fieeeeza!!!!!!!!!!  |  Februari 3, 2008 pukul 9:50 am

    apa y??? poko’ny aku ska bgd HARRY POTTER!!!

    Balas
  • 30. wasiati  |  Februari 5, 2008 pukul 12:03 pm

    aku suka………………………………bgt ma harry potter. sampai2 aku pegen nikah ma dia.aku mau bgt kalo aku di jadiin pengganti hermione. aku jd gila nich………hayo jk rwling mo obtin gilaku gak???

    Balas
  • 31. LUNA LOVEGOOD  |  Februari 7, 2008 pukul 9:27 am

    aq lg baca Harry potter7 neeh. serru seeh, cuma, ada beberapa kejadian yang diceritakan di buku ini yang tidak terselesaikan (bikin penasaran).
    satu lagi, sejak munculnya luna lovegood di HP 5, aq jd tertarik sama tokoh ini. aneh tetapi menarik. he…he…he…

    Balas
  • 32. dini  |  Februari 12, 2008 pukul 5:06 pm

    salut buat JK ROWLING karyanya bagus banget

    Balas
  • 33. Gisselle  |  Mei 19, 2008 pukul 7:12 pm

    sbenernya aku jg suka sm film tau bukunya harry potter ….
    cukup jaget siech dengernya ternyata ada org yang namanya sm yatuw HARRY POTTER … dan meninggalnya jg udah lama … dan menurut aku JK. ROWLING adlh penulis yang hebat krn bs menciptakan karya yang sngat menajukan ….

    Balas
  • 34. angga  |  Juni 12, 2008 pukul 1:26 pm

    jk rowling novel@ bagus bgt karna

    Balas
  • 35. gwt  |  Juni 14, 2008 pukul 9:36 am

    kta usul kalo sutradara indo mbwt film harrypotter seri indo n kta2 jg psen bwt jk.rowling trusin novel HP na…………….
    please………..abiz crita na top bgd…………
    he3x

    Balas
  • 36. iwan lintau  |  Juli 1, 2008 pukul 7:54 pm

    gw setuju tuh sama ide nya kamu… siapa tau kita-kita jadi pemain nya… hee…hee…

    Balas
  • 37. fiona  |  Juli 10, 2008 pukul 3:29 pm

    aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa……………….

    Balas
  • 38. kezia  |  Juli 14, 2008 pukul 5:37 pm

    gilaaaa…..keren bangggett…..!!w gw seneng banget ma ni flem…… cm gw pgn tw pemeran harry poter ni gak bkl diganti kan?? coz w gk mw daniel tu diganti……… oya flm harpot yg ke6 keluarna bulan apa c?? coz w udah gk sabar pgn nontn flmnya & ngeliatin pemainnya yang gwanteng2 & cantik2………… palagi daniel tam bah ganteng azzz c……

    Balas
  • 39. kezia  |  Juli 14, 2008 pukul 5:42 pm

    iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhhhhhhhh………………………….harry poter gw pgin banget terbang bareng kamu deeee……. mengeli2ngi dunia ,,menggunkn sapu terbangggggg……………..pliiizzz jangann pernah menjau h dari fans2 kamu…….

    Balas
  • 40. Hada'  |  Januari 8, 2009 pukul 3:58 pm

    sipppppppppppppp…
    winghardium Laviosa…

    Balas
  • 41. Rizki.A.  |  Januari 16, 2009 pukul 1:33 pm

    Aq suka bangets sama buku Harry Potter.Coz cerita imajinasinya kelihatan nyata n’ gak mengada-ada.Sebenarnya sich aq penggemar baru Harry Potter.Tapi aq udah tahu cukup banyak tentang Harry Potter.
    Oh…ya kapan nich J.K Rowling n’ aktor2 d’ Harry Potter dateng ke Indonesia?Tepatnya ke Banjrmasin!Pliezzzzzzzz………………..sekali2 dateng kesini!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Balas
  • 42. amel  |  Maret 10, 2009 pukul 7:55 am

    hhuuuuuuuuyy….

    tau gak cih lo w tuch suka bgt ma harry poter…….
    sampai sekarang gitu dech …….
    dan w mau flim harry pter tuch ada lagi w pasti nonton w tuch g mau ketinggalan………

    w mohon ada lg filem nya………….
    yupz w mau J.K ROWLING N’ aktor potter datang ke houz w……

    Balas
  • 43. TycKHa  |  Maret 29, 2009 pukul 12:29 pm

    I Love Harry Potter.. Sndaix sekolah sihir beneran ad spt yg dgbrkan d film harry potter..qu akn bela2in deh skolah disna saking cintax ma harry potter..

    Balas
  • 44. a!Nie_chan  |  Maret 31, 2009 pukul 5:07 pm

    ciiihuuuuyyyyy…..

    harry potter kereeeeennnnn baaangeeeetz….
    aku ampe baca tu buku berkale-kale… nggak ada bosennya… pengarangnya emang imajinatif bangetz dech… pa lagie c’daniel ang meranin harry, benar2 klop dech… d tunggu ya film yang selanjunya… he… he… he….

    Balas
  • 45. dwi ratnasari  |  Juli 3, 2009 pukul 8:33 pm

    sebenarnya aq bukan penggemar HP dari pertama buku dan film muncul, tapi karena temanku pinjamin buku cerita yang ketiga aq jadi tertarik sama filmnya sampai sekarang. JK Rowling emang hebat banget yach.. membuat buku cerita yang penuh dengan daya imajinasi yang tinggi. bisa-bisanya membuat kata-kata kutukan yang pas banget. aku dah ga sabaaaarrr…. pengen nonton filmnya yang ke enam. mudah-mudahan filmnya ga kalah seru sama yang sebelumnya, harus tambah seru n kereeennn bgt…… Lam knal bwt para HP mania diseluruh Indonesia.. SUKSES BWT HARRY POTTER…..

    Balas
  • 46. faisal  |  Agustus 15, 2009 pukul 2:44 pm

    q ska bnget filmnya

    I LIKE HARRY POTTER………………………………..RRR

    msih da lgi ga film yg brunya?????????????……………….

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Monthly Calendar

Juli 2007
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

People Lost in My Room

  • 646,151 friends

Member Of

Digitalized Images Creation

Ordinary Beauty

Young Couple

Unbelieveble

I feel shame

Unrevealed Sadness

Lebih Banyak Foto

Community

Forum Bloggerian Indonesia
Indiwiki Bloggerian
dd-wrt
hacker.org
hot script


%d blogger menyukai ini: