Manajemen Kategori Artikel Pada Blog

Juli 1, 2007 at 8:05 pm 1 komentar

Setelah selesai melakukan registrasi account baru seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya, yang harus kita lakukan berikutnya sebelum memulai menulis artikel pada blog kita adalah mempersiapkan kategori-kategori pada blog kita agar lebih mudah untuk di kelola dan sesuai dengan target dan tujuan kita saat pertama kali berkeinginan memiliki blog. Hal – hal yang menurut saya paling penting adalah:

Menambah Kategori

Kita semua tahu bahwa kategori adalah bagian daripada suatu sistem untuk menggolongkan jenis. Jadi kita bisa pahami bahwa untuk lebih memudahkan kita dalam menyusun artikel – artike ataupun informasi yang akan kita publikasikan nantinya pada blog kita, kita membutuhkan kategori untuk mengklasifikasikan artikel – artikel kita. Pada WordPress.com, untuk membuat kategori, caranya cukup mudah, yaitu:

  1. Klik pada menu [Manage] – [Categories]
  2. Kemudian klik link prepareblog1.gif untuk langsung menuju pada bagian bawah layar yang merupakan section untuk menambah kategori atau bisa juga langsung dengan menggeser scroll horizontal ke arah bawah layar.
  3. Isilah informasi yang dibutuhkan untuk menambah kategori baru, Category name adalah nama kategori yang ingin anda tambah, Category parent adalah kategori induk dari kategori yang akan anda tambah, sebagai contoh kategori Sepak Bola seharusnya menjadi bagian dari kategori induk Olahraga. Dan yang terakhir adalah Description (optional), yang merupakan tempat untuk anda mengisi deskripsi atau penjelasan mengenai kategori yang anda buat.prepareblog2.gif
  4. Jika telah selesai mengisi kotak teks yang ada, klik pada tombol Add Category untuk mengupdate kategori yang baru saja anda buat.

Mengedit Kategori

Untuk mengedit kategori, caranya cukup mudah, klik pada menu [Manage] – [Categories], kemudian pilih kategori yang ingin anda edit pada daftar kategori, setelah itu klik pada link Edit yang berada persis di bagian sebelah kanan kategori tersebut pada tabel. Secara otomatis WordPress akan membawa anda pada session Edit Category, lakukan perubahan sesuai dengan keinginan anda, kemudian klik pada tombol Edit Category setelah selesai melakukan perubahan.

Menghapus Kategori

Untuk menghapus kategori, caranya cukup mudah, klik pada menu [Manage] – [Categories], kemudian pilih kategori yang ingin anda hapus pada daftar kategori, setelah itu klik pada link Delete yang berada persis di bagian sebelah kanan kategori tersebut pada tabel. Secara otomatis, kategori tersebut akan terhapus dari daftar kategori. Ingat, bahwa sekali saja anda menghapus kategori, maka kategori tersebut akan dihapus secara permanen.

Artikel berikutnya: Memilih dan Menggunakan Themes WordPress


Technorati TAGS: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Entry filed under: 02. Mempersiapkan Blog. Tags: .

Mendaftar Account Blog Baru Pada WordPress.com Memilih dan Menggunakan Themes WordPress

1 Komentar Add your own

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Monthly Calendar

Juli 2007
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

People Lost in My Room

  • 646,151 friends

Member Of

Digitalized Images Creation

Ordinary Beauty

Young Couple

Unbelieveble

I feel shame

Unrevealed Sadness

Lebih Banyak Foto

Community

Forum Bloggerian Indonesia
Indiwiki Bloggerian
dd-wrt
hacker.org
hot script


%d blogger menyukai ini: