Sebuah Opini Tentang Pemekaran Kabupaten Nias Menjadi Beberapa Kabupaten

Juni 2, 2007 at 11:25 am 6 komentar

Ketika saya mendengar informasi ini untuk pertama kali, hati saya sangat senang, karena pada akhirnya cita – cita sebagian besar masyarakat Nias mudah – mudahan akan tercapai. Bagaimana tidak?, Dengan adanya pemekaran beberapa kabupaten ini, selain dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan, dan memberikan kesempatan bagi masyarakat Nias secara merata, dimana selama ini karena faktor geografis, “kesempatan” (kita bisa mengartikannya sesuai dengan definisi kita sendiriJ) itu tidak bisa didapatkan, juga dengan tujuan agar bisa terciptanya sebuah Propinsi Nias, yang sudah pasti akan mendorong tingkat pembangunan masyarakat di Nias, yang bisa jadi sudah di harapkan oleh para orangtua – orangtua kita dahulu.

 

Hanya saja, rasa senang dan bangga di hati ini tidak bertahan cukup lama, seiring dengan berkembangnya informasi – informasi miring yang mewarnai proses pemekaran itu sendiri. Dimulai dengan telah diresmikannya pemekaran Kabupaten Nias Selatan, yang saya yakin bahwa kita pernah mendengar berbagai masalah yang terjadi sehubungan dengan berdirinya kabupaten yang masih sangat muda itu. Yang membuat hati ini menjadi semakin miris adalah bahwa ternyata masalah – masalah itu ditimbulkan oleh beberapa oknum dan sebagian kelompok yang mungkin tidak mendapatkan “jatah”. Yah, ini sudah menjadi rahasia umum, di mana ada gula di situ ada semut, di mana ada pembagian “jatah” kekuasaan, pasti disitu ada masalah yang ujung – ujungnya melupakan kepentingan bersama yang sebelumnya di koar – koarkan dengan lantang.

 

Dan akhir – akhir ini saya mendengar lagi tentang proses pra pembentukan beberapa kabupaten lagi, seperti Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat, dan peningkatan status kabupaten Nias menjadi Kotamadya. Dan seperti kata pepatah “ikan tidak jauh dari lubuknya”, proses ini pun diwarnai dengan pertentangan oleh beberapa kelompok, yang tidak jelas apa visi dan misinya yang mengingatkan saya pada sebuah kalimat yang sering diucapkan oleh teman saya jika dia merasa ada sesuatu yang kebablasan “Lö Na’i, Ba Noa Sa’ae” (terjemahannya kita cari sendiri ya J). Hanya mereka yang bisa menjawabnya. Selalu mengatakan bahwa mereka berangkat dari keinginan masyarakat, tanpa bisa menjelaskan masyarakat yang mana dan bagaimana.

 

Apakah cerita seperti ini akan terus bergulir seperti ini, selalu dipenuhi dan diwarnai dengan intrik yang menurut saya seharusnya tidak ada kalau memang benar berangkat dari kesatuan visi?. Sudahkah mereka memahami tujuan mereka sendiri? Ataukah mereka hanya “berteriak” demi sebuah gengsi saja?. Mungkin ini yang dikatakan sebagai imbas politik yang mengatakan “Revolusi Selalu Meminta Korban” itu biasa.

 

Dengan jujur saya bangga, sekali lagi bangga dan sangat senang dengan perkembangan – perkembangan yang terjadi di Nias, apalagi dengan “niat mulia” untuk membangun Nias yang selama ini tertinggal. Meskipun tersisa kekecewaan dengan melihat bahwa tingkat pemahaman oknum – oknum yang mengaku sebagai pejuang dan pelopor terhadap apa yang mereka perjuangkan itu masih sangat minim. Saya hanya meminta agar siapapun tidak menjadikan proses ini sebagai awal perpecahan yang sekali lagi ujung – ujungnya akan menyusahkan masyarakat Nias secara keseluruhan.


Technorati TAGS: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Entry filed under: Nias Island. Tags: .

Linux atau Windows BBM Naik Lagi

6 Komentar Add your own

  • 1. Ibezaro Zalukhu  |  September 5, 2007 pukul 11:25 am

    Mari kita bangun Nias yang tercinta ini, sudah waktunya kita bangkit. untuk masalah pemekaran, kita dukung dulu. tapi dengan pengawasan yang tetep dari masyarakat Nias. Yaahowu, Tetap Smangat!!!

    Balas
  • 2. tianzega  |  September 5, 2007 pukul 11:39 am

    Saohagolo, sudah mengunjungi blog ini ya🙂

    Balas
  • 3. mrismanhalawa  |  Oktober 8, 2007 pukul 10:14 am

    saya malah berpikir Nias masih belum layak untuk dimekarkan lebih dari 2 kabupaten.mlah pemekaran Nias selatan kalau mau jujur masih berorientasi pada alasan kekuasaan sempitr dan ikut2an.Kita harus mengembangkan potensi yang ada dp membagi potensi tersebut ke bbrp kabupaten shingga tdk maksimal.Dunia kini memiliki kecenderungan untuk berstu bukan memisah.Hmm…tapi jika saya diangkat jd bupati pemekaran baru,siapa yang tolak.YAAHOWU.SEMOGA NIAS LEBIH MAJU.

    Balas
  • 4. iwan zebua  |  Februari 23, 2008 pukul 3:23 pm

    Pengembangan wilayah yang dilakukan oleh Kabupaten Nias saat ini merupakan hal yang administratif saja, dimana masih bersifat menyederhanakan wilayah yang cukup luas (33 kecamatan). melahirkan satu pusat pertumbuhan lagi merupakan hal yang tidak mudah. ini tergantung kepada para stakeholder yang terhormat yang harus siap menonjolkan komoditi apa yang menjadi primadona dalam wilayah nya itu sendiri sehingga menjadi wilayah yang sustainable. (red-planologi)

    Balas
  • 5. risky.  |  Juli 17, 2010 pukul 2:05 am

    Q PUN SETUJU DENGAN KATA² YG D ATAS TU,,,

    Balas
  • 6. risky.  |  Juli 17, 2010 pukul 2:09 am

    SKRNG KITA WARGA NIAS HARUSNYA KITA BANGGA,,!
    KARNA KTA UDA DI BERI KESEMPATAN OLEH (PEMERINTAH),,
    TUK MEMBANGUN KABUPATEN KITA,,
    TU JA YG BISA QU (COMMENT) THX SMUANYA,,,,,,,,,,,

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Monthly Calendar

Juni 2007
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

People Lost in My Room

  • 646,151 friends

Member Of

Digitalized Images Creation

Ordinary Beauty

Young Couple

Unbelieveble

I feel shame

Unrevealed Sadness

Lebih Banyak Foto

Community

Forum Bloggerian Indonesia
Indiwiki Bloggerian
dd-wrt
hacker.org
hot script


%d blogger menyukai ini: