Nasib Pekerja Nias Setelah NGO Angkat Kaki

Juni 2, 2007 at 11:30 am 1 komentar

Jujur saya katakan bahwa ini sudah menjadi pertanyaan yang berkecamuk di kepala saya sejak akhir tahun 2005. Meskipun saya sangat senang dan bangga dengan berbagai kesempatan yang didapatkan oleh saudara – saudara kita, untuk bekerja di berbagai organisasi baik organisasi yang berbau pemerintahan seperti UN, IFRC, BRR, dll, ataupun NGO (Non Government Organization) yang saat ini banyak bertebaran di Nias pasca gempa seperti Oxfam, Caritas, HELP, Solidarites, SurfAid, dan lain sebagainya. Apalagi dengan adanya kesempatan “langka” seperti ini, setidaknya meningkatkan tingkat kesejahteraan sebagian masyarakat Nias.

Kenyataan yang terjadi saat ini, dengan banyaknya masyarakat Nias yang bekerja di NGO, secara tidak langsung mengakibatkan efek samping, seperti kenaikan harga bahan – bahan kebutuhan pokok, tempat tinggal atau rumah sewa, dan beberapa biaya – biaya lain yang bisa dikategorikan sebagai biaya “entertainment”. Sebagai contoh kecil, kalau dulu untuk makan sekali, kita masih bisa dengan uang Rp. 5000,- tetapi sekarang, bagaikan mencari jarum diantara semak untuk mendapatkan harga segitu.

Mungkin selama ini sebagian dari kita tidak menyadari tentang hal ini, karena ya, dengan gaji pokok yang “cukup besar”, yang memang jauh lebih tinggi dari rata – rata UMR (Upah Minimum Regional) yang ditetapkan oleh pemerintah yang sudah pasti membuat orang – orang yang bergerak di sektor riil menjadi gigit jari, membuat kita “tutup mata” dengan kenaikan harga di beberapa sektor ini. Dengan santainya seorang teman yang bekerja di salah satu NGO di Nias mengatakan “Tenang saja, kan akhir bulan terima gaji”, yang terus terang membuat saya agak sedikit geli sekaligus meringis.

Bagaimana tidak? Apakah saudara – saudara kita tersebut pernah berpikir, apa yang akan terjadi setelah euforia ini berakhir? Yang sudah pasti adalah, pengangguran besar – besaran (meskipun saya juga yakin bahwa ada beberapa teman – teman yang bisa survive, mungkin karena masih dianggap mampu oleh organisasi, ataupun bisa saja karena sebelum gempa memang sudah mandiri, dan pasca gempa mengikuti arus dengan bekerja di NGO). Kemudian kebingungan untuk menutupi tingginya harga yang mencekik sedangkan pekerjaan sudah tidak ada. Inilah yang menjadi pertanyaan sekaligus ketakutan saya.

Saya masih ingat beberapa tahun lalu ketika harga Nilam melambung tinggi, kejadiannya persis seperti yang terjadi saat ini. Tetapi setelah harga Nilam kembali ke ambang normal, apa yang terjadi? Banyaknya perampokan, dan jenis – jenis kejahatan lainnya sebagai efek lanjutan dari tidak adanya penghasilan yang memadai untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari yang kian lama semakin tinggi. Yang pada akhirnya merugikan masyarakat secara keseluruhan.

Apakah pemerintah sudah mengantisipasi hal ini? Saya tidak tahu. Biarlah pemerintah kita yang menjawabnya. Atau mungkin saja pemerintah kita juga tutup mata, karena mereka juga secara tidak langsung “tergerus” oleh euforia ini. Masih segar di ingatan kita, ketika beberapa oknum – oknum aparat pamong praja kita, yang lebih keren dengan istilah “PNS”, juga ikut- ikutan bergabung dengan beberapa organisasi?

Saya berharap, semoga hal ini tidak akan menjadi bumerang bagi masyarakat Nias, tetapi mudah – mudahan bisa menjadi bentuk pembelajaran untuk lebih meningkatkan sumber daya manusia masyarakat Nias menjadi lebih baik dari sebelumnya.


Technorati TAGS: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Entry filed under: General, Nias Island. Tags: .

BBM Naik Lagi Heboh False Alarm Tsunami Di Banda Aceh, NAD, 5 Juni 2007

1 Komentar Add your own

  • 1. firman  |  Juni 12, 2009 pukul 11:07 pm

    si tian zega itu sok tau tentang nias sedangkan dia cuma pengangguran…………………….tx

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Monthly Calendar

Juni 2007
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

People Lost in My Room

  • 646,151 friends

Member Of

Digitalized Images Creation

Ordinary Beauty

Young Couple

Unbelieveble

I feel shame

Unrevealed Sadness

Lebih Banyak Foto

Community

Forum Bloggerian Indonesia
Indiwiki Bloggerian
dd-wrt
hacker.org
hot script


%d blogger menyukai ini: