Linux atau Windows

Juni 2, 2007 at 11:24 am 2 komentar

Mungkin judul topic ini sudah basi, dan sudah cukup banyak dibahas oleh berbagai sumber. Tetapi menurut saya, topic ini tidak akan habis – habisnya untuk kita pelajari, setidaknya untuk saat ini.

 

Perkembangan sistem operasi Linux beserta distro dan turunannya boleh dikatakan sangat cepat sekali, namanya juga digarap ramai – ramai, dan inilah yang membuat sistem operasi ini berkembang dengan pesat. Hanya saja, apakah perkembangan ini sudah bisa memenuhi keinginan sebagian besar pengguna computer saat ini, terutama pengguna awam?

 

Kalau saya ditanya, secara jujur saya akan menjawab bahwa Windows masih lebih baik daripada Linux dalam hal kemudahan pemakaian. Ini bukan masalah fanatisme, tetapi lebih kepada kecenderungan saya dalam menggunakan Windows untuk kebutuhan personal maupun pekerjaan. Karena menurut saya, untuk saat ini Windows menawarkan lebih banyak resource, dengan lengkapnya panduan dan tutorial yang tersebar di internet langsung dari pakarnya, ditambah lagi vendor hardware dan software yang mendukung sistem operasi ini masih senang bermain – main dengan sistem operasi ini. Meskipun saya percaya bahwa suatu saat nanti Linux juga bisa seperti ini.

 

Nah bagaimana dengan Linux sendiri? Setelah saya mencoba menginstall dan menggunakan salah satu distro Linux yaitu Fedora Core 6 yang merupakan turunan dari Red Hat Linux, saya bisa mengatakan bahwa Linux itu keren, dan tidak sekedar memberi janji tetapi juga bukti. Apalagi ditambah dengan GUI KDE nya yang keren J. Proses instalasinya juga “cukup mudah”. Maksud saya dengan “cukup mudah” dalam tanda kutip, mungkin akan terasa cukup mudah bagi pengguna computer yang paling tidak lumayan sering berkutat dengan sistem, dan sedikit mengerti alur sistem itu sendiri. Tetapi bagaimana dengan pengguna yang masih baru? Saya tidak bisa menjawabnya, mudah – mudahan para pakar dan developer Linux bisa memprioritaskan hal ini di masa depan.

 

Kemudian, saya kembali pada pertanyaan, apa selanjutnya? Selesai melakukan instalasi, dan berjalan dengan normal, kepala saya mulai dipenuhi berbagai pertanyaan, bagaimana instalasi driver hardwarenya? Bagaimana mengatur tingkat sekuritasnya?, dan masih banyak lagi. Memang, saya mendapatkan berbagai informasi dari forum pengguna Linux yang bertebaran di internet, maupun langsung dari website distro Linux. Tetapi saya rasa itu masih belum cukup, karena saya merasa saya beberapa kali mengalami stagnasi dalam proses ini. Satu demi satu saya mencoba melakukan instalasi driver, maupun instalasi aplikasi dengan mencoba berbagai metode, misalnya dengan langsung mendownload file .RPM untuk distro Fedora alias file setup pada Windows, dan juga mencoba dengan menggunakan Yum yang fungsinya sama seperti Add/Remove Programs di Windows.

 

Yah, akhirnya berhasil juga meskipun belum sempurna L. Driver untuk VGA Card ATI RADEON X1400, tidak dapat saya temukan, meskipun sudah mencari kesana kemari. Tapi tidak apa – apa, paling tidak aku sudah bisa menggunakan Linux.

Akhirnya setelah menggunakan Linux, mencoba memakai aplikasi OpenOffice (saingan Microsoft Office), dan juga beberapa aplikasi standar seperti aplikasi grafis, kompresi, dan juga sudah pasti aplikasi multimedia, saya merasa cukup puas dengan fasilitas sistem yang dimiliki oleh Linux, dan saya rasa itu sudah cukup bagi pengguna computer yang memang familiar dengan sistem. Bagaimana dengan pengguna yang masih awam? Biar waktu yang menjawab.


Technorati TAGS: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Entry filed under: Technology. Tags: .

Teknik Cropping Dengan Adobe Photoshop Sebuah Opini Tentang Pemekaran Kabupaten Nias Menjadi Beberapa Kabupaten

2 Komentar Add your own

  • 1. ruly  |  Juni 14, 2007 pukul 7:39 am

    hm.. kebayang deh,
    aku pikir semangat idealisme aja yg buat Linux tetap punya pendukung..
    aku beberapa kali kenalan berbagai varian linux n terakhir versi ubuntu, ga nahan juga hehehe, nginstal udah cukup gampang tp giliran berbagai driver..
    belum lg heboh nyari software buat berbagai aplikasi yg biasa kita pakai, rata2 ga sekomplit utk win.. oke ditahan2in
    tapi gitu ketemu open office ampuuuuun dah..
    cuma wordprocessor yg lumayan tp spreadsheet, dbase ama power pointnya versi openoffice bener2 cobaan berat makenya hehehe

    buat aku ga bisa lama2 bertahan tanpa m$

    hidup Linux..

    Balas
  • 2. wantet  |  Februari 2, 2008 pukul 11:37 pm

    aku pengen mendownload linux secara langsung dari internet

    Balas

Tinggalkan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Monthly Calendar

Juni 2007
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

People Lost in My Room

  • 646,151 friends

Member Of

Digitalized Images Creation

Ordinary Beauty

Young Couple

Unbelieveble

I feel shame

Unrevealed Sadness

Lebih Banyak Foto

Community

Forum Bloggerian Indonesia
Indiwiki Bloggerian
dd-wrt
hacker.org
hot script


