Teknik Cropping Dengan Adobe Photoshop

Juni 1, 2007 at 8:56 am 59 komentar

Thanks for reading this article, please leave your comment – Terimakasih telah membaca artikel ini, silahkan tinggalkan komentar anda.

Bisa dikatakan bahwa teknik cropping adalah tekhnik dasar yang sangat dibutuhkan bagi para graphic designer. Benar begitu? Mudah – mudahan :-)
Apalagi melakukan cropping membutuhkan ketelitian untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tapi anda tidak usah takut, kita akan coba membahasnya disini, dan harus diingat “Best Teacher Is Practice“.

Sebenarnya apa itu Cropping?. Kalau menurut para pakar dan pembuat aplikasi Adobe Photoshop:
Cropping is the process of removing portions of an image to create focus or strengthen the composition.

Artinya, tolong diartiin sendiri ya hehehe, tapi intinya memotong sebagian objek pada bidang gambar untuk memisahkan objek yang satu dengan lainnya. Mungkin kira – kira begitu.

Oke, cukup dengan teori, bagaimana dengan prakteknya?

  1. Jalankan aplikasi Adobe Photoshop
  2. Buka file gambar yang ingin anda crop.
  3. Klik pada Zoom tool atau tekan tombol Z pada keyboard untuk melakukan pembesaran pada gambar. Persentase zoom tergantung besar dan ukuran file gambar anda. Ini dilakukan untuk mempermudah kita dalam melakukan cropping sehingga lebih presisi.
  4. Aktifkan Pen tool Pen tool atau bisa juga dengan menekan tombol P pada keyboard. Pilihlah opsi Paths pathoption.gif pada Option bar.
  5. Mulailah dengan membuat path dasar dengan membuat point awal pada gambar dan point – point seterusnya dengan mengklik pada lokasi yang anda inginkan. Sedikit saran, alangkah lebih baik jika point – point tersebut berada pada titik pertemuan bagian – bagian objek. Misalnya pertemuan belahan rambut atau leher dengan bahu. Perhatikan gambar berikut ini.

    crop2.gif

  6. Setelah anda selesai membuat path dasar, kita akan mengedit path tersebut agar dapat mengikuti lekuk – lekuk pada objek. Caranya, klik tahan pada Pen tool untuk menampilkan sub menu, dan pilihlah Convert Point Tool Convert Point tool.
  7. Dengan Convert Point Tool aktif, klik satu kali pada path dan mulailah dengan mengedit setiap point pada path dengan cara mengklik dan tahan pada point – point yang telah kita buat sebelumnya kemudian drag ke arah atas, bawah, kiri atau kanan seperti pada gambar.

    crop3.gif

    Perhatikan bahwa secara otomatis dua buah Curve Point akan terbentuk. Aturlah curve point tersebut dengan cara men-drag-nya mengikuti pola gambar. Perhatikan gambar berikut, untuk melihat perbedaan sebelum mengedit curve point dan sesudah.

    crop4.gif

  8. Ulangi langkah no.7 tersebut pada point – point lainnya sehingga hasilnya terlihat seperti ini.

    crop5.gif

    Sedikit tips untuk anda, jika anda merasa kurang sreg dengan posisi point yang telah anda buat sebelumnya, anda bisa merubah posisinya dengan menahan tombol Ctrl pada keyboard sambil menggeser point yang ingin anda rubah posisinya.

  9. Kemudian klik kanan persis pada path untuk menampilkan pop-up menu, dan pilihlah Make Selection,

    crop6.gif

    untuk membuat seleksi sesuai dengan path yang telah kita edit.

  10. Klik menu [Select] – [Inverse] atau tekan tombol Shift+Ctrl+I pada keyboard beberapa kali dengan tetap memastikan bahwa seleksi akhir adalah objek dan yang ingin kita crop adalah objek. Proses ini dilakukan agar bidang seleksi lebih halus.
  11. Klik menu [Edit] – [Copy] atau tekan tombol Ctrl+C pada keyboard dan buat file baru dengan mengklik pada menu [File] – [New] atau tekan tombol Ctrl+N pada keyboard. Atau bisa juga anda mem-Paste-nya pada bidang gambar lain.
  12. Selesai sudah, perhatikan hasilnya pada gambar berikut ini.crop7.gif

Technorati TAGS: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

About these ads

Entry filed under: Adobe Photoshop. Tags: .

Membuat Efek Bayangan atau Pantulan Objek Dengan Adobe Photoshop Linux atau Windows

59 Komentar Add your own

  • 1. ardietna  |  Agustus 19, 2007 pukul 7:08 am

    nah kesasaran lagi ke photoshop.
    tapi just say Thanks!
    tapi pengalaman juga sebagai otodidak photoshop, bukannya croping lebih baik menggunakan lasso tool kemudian feather 50% sehingga hasil gambarnya lebih halus. B

    Balas
    • 2. BlogYoyok.Com  |  Oktober 28, 2012 pukul 11:32 am

      Ini Dia yang kucari akhirnya ketemu juga
      Terima kasih Mas Bro Ilmunya.

      Salam Sukses

      Balas
  • 3. tianzega  |  Agustus 19, 2007 pukul 7:30 am

    Hi Ardietna,

    Thanks for visiting and for sharing bro :-).

    Yupe, kita bisa juga menggunakan lasso untuk cropping, aku dulu sering menggunakan tekhnik ini tapi terkadang kendalanya adalah pada saat kita menggerakkan mouse sering kurang presisi, dan jika terjadi kesalahan harus mengulang lagi. Sedangkan dengan menggunakan Paths kita bisa langsung menyimpannya menjadi layer baru.

    Kemudian betul juga, kita bisa menggunakan Feather untuk memperhalus pinggir dari hasil cropping, tapi jangan terlalu sering, tergantung image yang kita edit karena hasil editannya akan sedikit kelihatan, bagaimana kalau yang ingin kita edit harus tampil se-realis mungkin?

    Finally, itu tergantung kebiasaan kok bro, banyak jalan ke Roma kan? Yang penting hasilnya bagus dan memuaskan. Keep editing bro :-) Thanks.

    Balas
  • 4. ardietna  |  Agustus 19, 2007 pukul 12:58 pm

    wah ahli banget :) kalo saya seeh belajar otodidak dari http://www.wacom.com/tips/photoshop.cfm
    sukses ya bro

    Balas
  • 5. tianzega  |  Agustus 19, 2007 pukul 5:17 pm

    Waduh bro, kita juga sama – sama masih belajar kok :-).
    Dan thanks berat yah udah share linknya, ini website yang bagus untuk belajar, kali aja bisa dapat ilmu baru neh :-).

    Regards.

    Balas
  • 6. Janto Buntra Harbi  |  Agustus 30, 2007 pukul 5:20 am

    Gue Suka kali Adobe dan pingin Tau makainya Namun kalau Paki pentool seakan hasil editan itu gak cantik Gimana Caranya biar cantik

    Balas
  • 7. tianzega  |  Agustus 31, 2007 pukul 1:55 am

    Hallo Janto,

    Coba menggunakan Feather. Jadi, setelah proses seleksi selesai sampai pada langkah no.10 dalam artikel diatas, coba klik menu [Select] – [Feather] dan aturlah ukurannya. Lihat perbedaannya.
    Mudah-mudahan bisa yaks :)

    Balas
  • 8. tovic_1005  |  September 1, 2007 pukul 8:15 am

    Salam Kenal Bro,
    Gw sealiran (biasa) seperti Bro Ardietna, tapi tips menggunakan Pen Tool wajib dicoba dan jelas ada segi positifnya ( kita gak perlu ngulang kalo salah klik :P ).
    Ayo Bro, kasih lagi Tips yang lainnya, Gw tunggu sangat.

    Balas
  • 9. tianzega  |  September 2, 2007 pukul 6:42 pm

    @tovic_1005

    Thanks udah berkunjung dan juga sarannya.
    Dan sorry aku baru bisa bales koment-nya ;-)

    Balas
  • 10. SUASTINA  |  September 18, 2007 pukul 7:06 am

    Terima kasih atas tulisannya, saya ingin belajar lebih lanjut.
    Kalau bisa informasikan dong cara memindahkan fhoto ke latar belakang lain

    Balas
  • 11. tianzega  |  September 18, 2007 pukul 10:27 am

    @SUASTINA
    sama-sama mbak :)
    ok mungkin ini briefly ya mbak:
    pastikan file gambar latar belakang dan juga file foto telah kita buka

    setelah mengcrop dan menseleksi foto yang ingin kita pindahkan, klik menu [Edit]-[Copy], trus aktifkan gambar latar belakang yang ingin kita pergunakan dan klik menu [Edit]-[Paste]

    Done :)

    Balas
  • [...] belum silahkan meng-cropping-nya terlebih dahulu. Untuk petunjuk cara meng-cropping bisa anda lihat pada postingan ini, dan berikan nama layernya [...]

    Balas
  • 13. Mengedit Warna Objek Mata Dengan Photoshop « tianzega virtual room  |  September 20, 2007 pukul 2:33 pm

    [...] menggunakan tekhnik cropping pada foto seperti yang dijelaskan pada artikel Teknik Cropping Dengan Adobe Photoshop, seleksilah tepat pada sekeliling bola mata. Hasilnya kira – kira seperti pada gambar [...]

    Balas
  • 14. renita  |  September 22, 2007 pukul 11:10 pm

    wah seneng banget bisa masuk sini, akhirnya bisa juga croping setelah belajar dari uraian di atas, thanks ya!
    kalau bisa …. kasih dong caranya untuk memberi Background dengan cara membuat sendirinya background nya, sorry ..pemula banget nih ….
    yang lagi senang karna akhirnya udah bisa croping … hehe

    Balas
  • 15. tianzega  |  September 23, 2007 pukul 8:28 am

    @renita

    yang lagi senang karna akhirnya udah bisa croping … hehe

    ikut senang juga mbak/mas :mrgreen:

    untuk background, gampang-gampang susah sih. btw, maunya bacground model gimana? ;)

    kalau yang gampang-nya mungkin bisa langsung buat layer baru persis dibawah layer hasil cropping-an kita, trus pilih warna-nya dari jendela Color/Swatches, baru kemudian kita isi warna-nya dengan menggunakan Paint Bucket Tool, atau bisa juga dengan mengklik pada menu [Edit] – [Fill], pastikan pada bagian content kita memilih Foreground Color, truk klik OK.

    atau bisa juga menggunakan Gradient tool, atau kalau mau, bisa lihat dan klik pada artikel ini: memberikan efek streak pada background

    masih banyak cara lain kok buat nambahin background yang keren buat image kita, tergantung imajinasi dan kreasi kita aja.

    Balas
  • 16. robin  |  November 12, 2007 pukul 10:49 pm

    saya kurang tahu melakukan cropping pada photoshop
    tolong diberi penjelasan tentang langkah langkahnya
    terimaksih atas kerjasamnya

    Balas
  • 17. mengedit warna mata pada photoshop « Discomafia’s Weblog  |  Januari 28, 2008 pukul 2:33 pm

    [...] menggunakan tekhnik cropping pada foto seperti yang dijelaskan pada artikel Teknik Cropping Dengan Adobe Photoshop, seleksilah tepat pada sekeliling bola mata. Hasilnya kira – kira seperti pada gambar [...]

    Balas
  • 18. eny angel  |  April 4, 2008 pukul 11:38 am

    bro.. kalo bisa kasih tips yang lebih ok dunk…
    kalo bisa xi efek2 photoshop yang tingkat mahir…
    tolong krm ke email w yah…
    tp thax de yah…. w suka cr u menjelaskan, gamapang bangt dimengerti… u kayaknya tutor yang profesional…
    hehe..
    gud luck..

    Balas
  • 19. Ardhi Aries  |  Mei 19, 2008 pukul 12:46 pm

    yao sekarang kita bagi-bagi tips lagi yuuuk
    .
    tapi bagi aku dulu apa aja tips2 yang paten dan cihui punya dari temen semua…
    bagi yaaa

    Balas
  • 20. sigit purwanto  |  September 25, 2008 pukul 9:25 am

    Saya sudah pernah coba. Tapi kadang bisa kadang engga
    sesuai. Kadang warnanya setelah dicrop dengan alat pen tool itu warnanya putih, kadang item. kenapa ya?
    Makasih

    Balas
  • 21. GADIS IMUT  |  November 12, 2008 pukul 11:43 am

    makasih karna saya bisa mendapatkan tugas saya di web bapak….
    ok dech

    Balas
  • 22. Teknik Cropping « Manba  |  November 16, 2008 pukul 1:55 pm

    [...] sumber [...]

    Balas
  • 23. faishal  |  Maret 25, 2009 pukul 8:48 am

    bagus coy

    Balas
  • 24. sandra  |  Maret 30, 2009 pukul 2:54 pm

    yang penting latihan, pake lasso juga kalu sudah kawakan, cepat juga.

    Balas
  • 25. Teknik Cropping Dengan Adobe Photoshop « Teknik94’s Blog  |  April 13, 2009 pukul 11:26 am

    [...] Teknik Cropping Dengan Adobe Photoshop [...]

    Balas
  • 26. FIKRI  |  Juni 12, 2009 pukul 4:51 am

    mas saya dah bwt file baru?tp cara pindahin fhotonya gmn ya??
    tlng d.bls.

    Balas
  • 27. bandi  |  Juli 5, 2009 pukul 8:17 pm

    Saya pingin sekali bisa cara membuat gambar dengan mengedit foto, misalnya foto arnold mukanya saya ganti dengan foto saya,..gimana ya caranya termasuk pengaturan warna pada foto supaya match dengan warna yang ada di foto arnold,..thank sekali ya,..

    Balas
  • 28. topan  |  Agustus 11, 2009 pukul 11:06 am

    mantap…keep going…

    Balas
  • [...] Buka file gambar berisikan objek yang ingin anda edit. Disarankan menggunakan file yang telah di-cropping sebelumnya, ataupun file gambar dengan latar belakang polos sehingga mudah untuk mengambil gambar objek saja. Untuk tekhnik cropping ini, kita akan mempelajarinya di artikel berikut ini.  [...]

    Balas
  • 30. Merry Yapzhezha  |  Oktober 23, 2009 pukul 4:10 pm

    ThanX ia bwat cara2 nya….moga2 makin banyak peminatnya….

    Dari dulu bisany nge-crop cma kotak sama bundar sajja….
    Tapi dari sini,,saiia bisa nge-crop vootoo semau saiia….
    P’Tahankan beri informasi iiaNk baru2….
    ~MY~

    Balas
  • 31. fendik  |  Februari 13, 2010 pukul 10:20 pm

    terima kasih… setelah 1 tahun kenal photoshop… baru kali ini coba yang namanya crop.. thanks bangettttt… tipsnya manjur…

    Balas
  • 32. silvy  |  Mei 15, 2010 pukul 7:50 pm

    thx thx thx atas informasinya

    Balas
  • 33. indra  |  Juni 16, 2010 pukul 3:53 pm

    wah,,.. mantan.. baru tau saya kegunaan tools itu..
    hehehe

    Balas
  • 34. ash  |  Agustus 9, 2010 pukul 9:07 pm

    wuah.. makasih banyak, ngebantu banget bagi pemula seperti saya :)

    Balas
  • 35. yudo  |  Oktober 21, 2010 pukul 5:02 pm

    knpha klw di crp malah jadi item smua gambar’y

    Balas
  • 36. ahmad  |  Desember 20, 2010 pukul 8:31 pm

    kasih tahu yang banyak bos…?

    Balas
  • [...] Buka file gambar berisikan objek yang ingin anda edit. Disarankan menggunakan file yang telah di-cropping sebelumnya, ataupun file gambar dengan latar belakang polos sehingga mudah untuk mengambil gambar objek saja. Untuk tekhnik cropping ini, kita akan mempelajarinya di artikel berikut ini. [...]

    Balas
  • 38. desain kaos distro  |  Maret 7, 2011 pukul 9:15 pm

    makasih pak carax….sukses selalu ya….

    Balas
  • 39. Ratih  |  Mei 22, 2011 pukul 10:11 pm

    Kalo udah beres dilangkah 10, gimana crop nya ?

    Balas
  • 40. lhya  |  Oktober 1, 2011 pukul 7:37 am

    Makasih banget nih buat pemula mah berati sangat jiaaaahh… Lupa banget ama cara crop#ih spik ahaha

    Balas
  • 41. arysgondez  |  Desember 25, 2011 pukul 9:54 am

    ijin copas gan..pleaseeee…

    Balas
  • 42. kang salman  |  Januari 8, 2012 pukul 7:57 pm

    TErima kasih kang

    Balas
  • 43. Agam TrueBlue  |  Februari 23, 2012 pukul 7:32 pm

    weh mantep nih tutorialnya :D

    Balas
  • [...] Buka file gambar berisikan objek yang ingin anda edit. Disarankan menggunakan file yang telah di-cropping sebelumnya, ataupun file gambar dengan latar belakang polos sehingga mudah untuk mengambil gambar objek saja. Untuk tekhnik cropping ini, kita akan mempelajarinya di artikel berikut ini. [...]

    Balas
  • 45. cairoindonesia  |  Maret 13, 2012 pukul 11:10 pm

    cara men-drag gmna ya ???
    sya lupa….

    Balas
  • 46. kemas dendy  |  April 16, 2012 pukul 3:46 pm

    bang kok pas ane copy ke halaman baru yang ke copy cuma garis2 nya doang yak? kayaknya sih ketutup blok cat yang ada di tool box bagian bawah mohon pencerahanya. tks

    Balas
  • 47. muhammad renzo imam  |  Oktober 15, 2012 pukul 7:34 pm

    mantappp om… :) dapet ilmu baru gue.. *masih pemula

    Balas
  • 48. EGGY ARTHA  |  November 24, 2012 pukul 2:43 pm

    mantap gan…

    Balas
  • 49. HEDSA ANDRA PRASETYA  |  Desember 4, 2012 pukul 7:05 pm

    THIS IS GOOD :)

    Balas
  • 50. bayu hidayat  |  Desember 15, 2012 pukul 8:50 pm

    thanks bro tekniknya,ku tunggu teknik2 selanjutnya

    Balas
  • 51. dasarphotoshop  |  Januari 23, 2013 pukul 1:02 pm

    trima kasih bnget ya mas bro… ;)
    ni sngat mmbntu sya, jngan lpa bkin yg lain’a lgi ya gan ;)
    sukses slalu bwt aga :)
    slam knal dri ane gan :)

    Balas
  • 52. GreyOdds  |  Februari 4, 2013 pukul 7:29 pm

    thank you so much!

    Balas
  • 53. Odhie Panjaitan Ffa  |  April 3, 2013 pukul 9:53 pm

    TQ Gan , ngebantu banget dah buat saya yg masih Newbie :D

    Balas
  • 54. World-Everywhere  |  April 13, 2013 pukul 6:12 am

    Mantap ..

    Balas
  • 55. Jaka  |  Juli 8, 2013 pukul 9:56 pm

    pasti susah untuk rambut yang keriwil :D

    Balas
  • 56. Nenk wulan  |  September 5, 2013 pukul 11:26 pm

    THX gan, gw bookmark ni d hp buat d buka d PC, wow deh, meski sedikit mbulet tapi bisa dimengerti jk ingn brusha

    Balas
  • 57. Hanya Allah Yg tahu  |  November 25, 2013 pukul 2:48 pm

    CACAD tutor nya..

    Balas
  • 58. agen asuransi  |  Januari 2, 2014 pukul 7:21 am

    ada cara yang lebih mudah ngak kang tian

    Balas
  • 59. rizka widya ramadani  |  April 13, 2014 pukul 5:42 am

    Bagus.trims info nya.A̲̅p‎a̲̅ harus potoshop ya?

    Balas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Latest Posts

Monthly Calendar

Juni 2007
S S R K J S M
« Mei   Jul »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  

People Lost in My Room

  • 439,198 friends

Member Of

Digitalized Images Creation

Ordinary Beauty

Young Couple

Unbelieveble

I feel shame

Unrevealed Sadness

More Photos

Community

Forum Bloggerian Indonesia

Indiwiki Bloggerian

dd-wrt

hacker.org

hot script


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: